Tips Cerdas Atasi Anak yang Tidak Suka dengan Makanannya

Anak yang sudah bisa mengonsumsi makanan atau makanan pendamping ASI perlu sangat diperhatikan. Banyak kejadian di mana seorang anak mengalami gangguan makan dan tidak disadari oleh orang tuanya. Sedangkan masa anak-anak identik dengan masa pertumbuhan. Masalah makan sedikit saja pasti akan berdampak pada pertumbuhannya. Oleh sebab itu, orang tua khusunya ibu wajib tahu beberapa tips cerdas ini.


1. Dekorasikan Makanannya
Tips pertama adalah dengan mendekorasi makanan tersebut sesuai dengan hal yang disukai anak Anda. Misalnya anak suka Minion, maka bentuklah sayuran jadi menyerupai minion. Inspirasi seperti ini bisa didapatkan di banyak sekali situs. Mulai dari tutorial membuat makanan karakter dari sayuran, telur dan sebagainya.

Bahkan sekarang ibu-ibu sudah difasilitasi dengan alat-alat memasak yang sudah mendukung tips pertama ini misalnya saja cetakan karakter yang bisa dengan mudah Anda dapatkan di online maupun offline shop. Namun, ingat ya untuk mengkreasikan ini pada makanan-makanan sehat untuk si kecil. 

2. Makan Sambil Bermain
Anak yang memiliki gangguan makan atau susah sekali suka dengan makanan sehat biasanya dimulai ketika ia sudah bisa bermain dengan kawan sebaya atau dengan benda-benda baru yang membuatnya tertarik misal gadget. Alih-alih memarahinya, Anda justru bisa memanfaatkan hal ini untuk mengajak anak makan sambil bermain.

Anda hanya harus menyuapinya dengan kesabaran. Kalau perlu Anda adakan challenge sederhana untuknya. Dukung permainannya dan ikutlah terlibat di dalamnya. Si kecil tidak akan sadar kok bahwa itu hanya taktik Anda  agar dia makan.

3. Pelajari Resep Lainnya
Berilah dua orang bahan masakan yang masa dan suruh mereka membuatnya menjadi makanan pendamping ASI untuk anak. Anggap saja bahan yang diberi adalah sayur bayam yang umumnya menjadi musuh terbesar anak-anak. Nah, 2 orang ini akan menghasilkan masakan yang berbeda dan mungkin saja salah satunya disukai oleh anak yang dulunya selalu menolak untuk makan bayam.

Kenapa begitu ? Well, itu karena resep dan cara masak yang berbeda-beda. Nah, demi anak Anda yang susah makan, Anda sebaiknya banyak-banyak cari resep lain khusu untuk membuat MPASI. Kebanyakan bahan makanan ini juga hasil campuran dari dua bahan makanan. Cara memasak yang berbeda akan menghasilkan rasa yang jauh berbeda pula. 

4. Be Colorful
Anak-anak identik dengan keceriaan. Oleh sebab itu, Anda harus membuat masakan colorful dengan tujuan menarik perhatiannya. Tidak selalu harus warna MPASI-nya yang berwarna kontras, Anda juga bisa memberikan dekorasi lainnya yang colorful. Intinya, usahakan makanan yang tersedia di hadapan anak itu colorful, menarik dan menggiurkan. Bayi juga punya selara pastinya. Apalagi untuk anak yang lebih besar.

5. Variasikan Menu
Selain mendekorasi tampilan dan membuatnya colorful, Anda juga harus memvariasi menu. Jangan pernah lelah untuk mencoba menu lain dari bahan makanan sehat yang lainnya untuk si kecil seperti kurma misalnya. Jarang mungkin terdengar MPASI dari kurma. Tapi hal ini patut dicoba agar bayi tidak mudah bosan dengan makanannya. Selain itu, kebutuhan gizi bayi juga jadi terpenuhi dengan baik.


Kenapa tidak dikasih multi vitamin saja ? Jawabannya sederhana sebenarnya. Anak itu masih bisa dibentuk sebenarnya. Sebagai orang tua, sebenarnya kita bisa mengarahkan mereka untuk terbiasa menyukai makanan-makanan sehat yang kita pilihkan. Jadi, coba beberapa tips di atas dulu untuk anak yang tidak suka dengan makanan pendamping ASI tertentu.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »