Cara Menghadapi Tantangan Dari Pasangan Hidup

Tantangan hidup ternyata tidak hanya dari diri sendiri saja melainkan dapat terjadi dan berasal dari pasangan hidup. Tidak sedikit yang menyerah dengan tantangan dari pasangan hidup mereka. Padahal siapa sangka Tuhan memberikan maksud dan tujuan dari setiap tantangan yang ada. Biasanya tantangan ini berupa permasalahan dalam rumah tangga, kemudian perihal mengenai keturunan, hingga perihal materi. Semua itu dapat terjadi jika Anda tidak memahami apa itu tantangan pasangan hidup. Nah agar biduk rumah tangga Anda dengan pasangan dapat berjalan harmonis, cobalah beberapa cara menghadapi tantangan untuk pasangan hidup seperti ini.


1. Bersabar
Tidak ada kata lain selain bersabar, Anda dan pasangan merupakan dua insan yang berbeda. Dari mulai kepribadian hingga pemikiran. Sebab perbedaan itulah Tuhan menyatukan Anda dengan pasangan hidup untuk saling melengkapi bukan saling mencibir. Tidak ada sebuah pernikahan yang diperankan oleh pasangan hidup yang memiliki karakter hingga pemikiran yang sama. Jika ada yang seperti itu, maka hidup akan jauh lebih enak.

2. Tidak Saling Membandingkan
‘kamu kok gak bisa seperti dia sih ?’ dan sebagainya. Sering sekali mendengar seorang pasangan yang mengucapkan kalimat seperti itu kepada pasangan hidup mereka. Padahal itu merupakan kesalahan yang harusnya Anda hindari agar tidak terjadi keributan dalam rumah tangga. Cobalah untuk tidak saling membandingkan pasangan hidup dengan orang lain. Andai saja Anda mengetahui apa yang pasangan rasakan ketika dibandingkan ? Akan melukai hatinya, dan yang lebih buruk lagi akan memicu retakan kecil dalam rumah tangga.

3. Bersyukur
Cobalah untuk bersyukur dengan apa yang pasangan hidup Anda miliki, bukan terus membandingkan dan mencibirnya. Berikanlah sebuah dukungan dari hati untuk pasangan hidup Anda. Jika saat ini dirasa ada yang berbeda dan berubah dari pasangan hidup Anda mungkin karena ada sesuatu yang membuat ia terluka. Dukungan dapat menjadi cara Anda bersyukur kepada Tuhan untuk pasangan hidup.

4. Saling Bekerjasama
Dalam hidup berumah tangga masing-masing pasangan hidup harus saling membantu dalam segala hal. Tidak hanya sang suami yang mencari uang kemudian tidak membantu istri di rumah, atau sebaliknya. Ketika Anda memutuskan untuk menikah, maka semua beban Anda dan pasangan hidup harus dipikul bersama. Seperti membantu pekerjaan si istri ketika saat sedang libur kerja. Tidak ada salahnya membantu meringankan pekerjaan seorang istri yang secara tidak sadar dilakukan selama 24 jam nonstop. Ini merupakan cara untuk memberikan perhatian agar rumah tangga semakin harmonis.

5. Saling Berdiskusi
Cobalah untuk saling terbuka dan mendiskusikan sesuatu bersama pasangan hidup Anda. Ini juga merupakan poin penting dalam berumah tangga jika tidak ingin kehadiran orang ketiga dalam rumah tangga. Buatlah kehadiran pasangan hidup Anda berarti dan penting dalam kehidupan. Dengan begitu, intensitas dalam diskusi semakin erat dan dapat menjadi sebuah aha momen dalam rumah tangga.

Itulah beberapa cara menghadapi tantangan pasangan hidup dalam berumah tangga. Semuanya harus Anda lakukan jika ingin menampilkan bahkan menjadikan rumah tangga Anda harmonis. Satu hal lagi, ketika Anda sudah memutuskan untuk berumah tangga maka sikap dan egois diri Anda harus dikurangi bahkan harus dihilangkan. Dengan begitu, kehidupan berumah tangga Anda semakin hangat tanpa harus adanya pertikaian yang mengancam rumah tangga Anda tersebut. Tapi jika konflik terus berlanjut, mungkin anda perlu bantuan dari pihak ketiga yang kompeten mengenai masalah rumah tangga. Misalnya gereja GKDI. Mereka sangat peduli mengenai keharmonisan rumah tangga umat. Anda dan pasangan bisa mendapat konsultasi dan bimbingan, jika sedang bertikai.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »