5 Tips Mendidik Anak Usia Dini agar Pintar dan Penurut

Description: Anak yang pintar dan penurut serta tidak banyak ulah adalah hal yang paling diidamkan orang tua. Anda bisa menerapkan tips mendidik anak ini untuk mewujudkannya !


Siapa orang tua yang tak ingin memiliki anak yang pintar dan penurut serta tidak banyak ulah? Sepertinya tak ada, kan ? Nyaris semua orang tua ingin anak yang seperti ini. Untuk bisa mewujudkannya, Anda bisa menerapkan tips mendidik anak usia dini agar jadi pintar dan penurut di bawah ini.

Bukan apa, Anda harus tahu terlebih dulu bahwa anak yang pintar dan penurut tidak datang secara instan. Anda harus mendidiknya sejak usia dini agar ke depannya mereka menjadi anak yang baik. Lalu, bagaimana cara untuk mendidik anak sejak usia dini agar jadi pintar dan penurut itu ? Berikut tips yang bisa Anda terapkan.

1. Berikan Kegiatan yang Menyenangkan untuk Anak
Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menjadikan anak pintar dan penurut adalah dengan memberi mereka kegoatan yang menyenangkan. Misal kegiatan tersebut adalah olahraga ringan yang sederhana. Dengan cara ini, Anda bisa membuat anak bergerak dengan sendirinya. Ini juga bagus untuk menyeimbangkan antara otak dan otot mereka.

Cobalah Anda berikan mereka contoh gerakan yang tak sulit untuk diikuti dan pinta mereka untuk menirukannya. Bila mereka bisa, itu artinya mereka bisa mengatur gerakan tubuh dengan baik dan seimbang. Tentu saja ini bisa jadi cara yang tepat untuk membuat mereka mau mendengar ucapan Anda. Benar, kan ?

2. Ajari Anak Melihat Perasaan
Cara lain yang bisa Anda terapkan untuk membuat anak menjadi pintar dan penurut adalah dengan mengajari mereka soal perasaan. Anak usia dini memiliki perasaan yang halus. Bahkan mungkin lebih halus dari Anda. Anda tak bisa meminta mereka untuk mengerti bagaimana perasaan Anda bila mereka nakal bila Anda tak mengenalkan mereka soal itu.

Ajaklah mereka ke tempat umum seperti taman bermain atau taman pendidikan khusus anak. Biarkan mereka melihat ekspresi orang banyak. Mulai dari sedih hingga bahagia. Dengan begitu, mereka akan terbawa suasana juga. Mereka akan bisa mengerti perasaan orang lain bila mereka bisa menangkap cara ini.

3. Anak Salah adalah Hal yang Wajar
Jangan pernah memandang semua harus sempurna, ya ! Kesalahan yang dilakukan anak-anak adalah hal yang wajar dan Anda tak perlu marah atas hal itu. Jangan terlalu melihat kesalahan mereka. Bila Anda bisa memberikan mereka pengertian bahwa tak apa salah, mereka nantinya akan berpikir bagaimana cara menyelesaikan kesalahan mereka tersebut sendiri.

Ingat, tetap berikan pengertian pada mereka jangan dibiarkan. Jangan juga menegur mereka dengan cara memarahi. Nantinya, mereka akan memberi alasan dan bila hal tersebut terus berlangsung, mereka akan terbiasa untuk memberi alasan akan hal lain. Jadi, mereka tak akan belajar dari kesalahan tersebut.

4. Ajarkan Anak Berbuat Mandiri
Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mendidik anak menjadi seorang yang pintar dan penurut adalah membuat mereka bisa mandiri. Bagaimana caranya ? Tentu saja dengan mengajarkan mereka berbuat hal tanpa bantuan dari Anda. tak perlu hal yang sulit. Cukup yang mendasar saja seperti memakai baju sendiri, memilih baju sendiri dan lainnya.

Jika Anda suka ikut campur dengan segala hal remeh temeh ini, jangan harap anak Anda bisa jadi pribadi yang pintar dan penurut. Adanya nanti malah mereka akan terus meminta bantuan Anda bahkan tak jarang menyuruh Anda untuk melakukan berbagai hal alias menjadi manja dan pembangkang. Bilapun mereka butuh bantuan, setidaknya biarkan mereka mencoba dulu.

5. Ajari Mereka Calistung
Lalu, bila mereka sudah mulai besar, paling tidak berusia tiga tahun, Anda bisa mulai mengajarkan mereka baca tulis hitung. Anda bisa memulainya dengan membacakan dongeng sejak kecil sehingga mereka terbiasa. Bisa juga dengan aktivitas menggambar dan mewarnai. Tak masalah mau seperti apa bentuk dari karya mereka.

Paling penting, mereka sudah mau berusaha. Ingat, jangan berharap hal yang sempurna dari anak-anak. Anda sendirilah yang harus sabar dalam mengajarkan semuanya pada mereka. Bila Anda berhasil, tak ayal mereka akan jadi anak yang pintar dan penurut yang Anda impikan.

Nah, sekarang Anda sudah tahu bagaimana tips mendidik anak usia dini agar jadi pintar dan penurut, kan ? Kuncinya ada pada Anda, kok ! Selain mendidik mereka, Anda juga harus pastikan bahwa gizi dan nutrisi yang mereka peroleh seimbang. Berikan saja Nutriclub yang mengandung banyak nutrisi baik untuk membantu tumbuh kembang anak !

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »