Kriteria AC Standard Terbaik Nomor 1 di Kelasnya yang Dijamin Awet

Siapa sih, yang tidak ingin punya pendingin ruangan tipe Standard tapi menawarkan kualitas yang menyamai kelas High ? Nah, jika Anda mendapat pertanyaan, pendingin ruangan merek apa yang terpopuler karena kualitasnya dan banyak diburu konsumen ? Anda mungkin sudah tidak asing dengan 2 merek papan atas asal Jepang seperti Panasonic dan Daikin bukan ?


Tapi, bagaimana dengan merek unggulan lainnya jebolan Negeri Tirai Bambu China, yaitu GREE ? Beberapa review menyebutkan jika AC Gree MOO Standard Series merek China ini lebih unggul dari dua merek Panasonic dan Daikin. Benarkah demikian ? Anda akan segera mengetahuinya setelah menyimak ulasan berikut.

Unit Outdoor
Pada unit outdoor, ada 4 bagian yang akan dibandingkan, yaitu keamanan elektrikal, lapisan pelindung kompresor, noise filter, serta lapisan pelindung kondensor. Spesifikasi tipe Standard dari ketiga AC yang akan di-review adalah GREE GWC-05MOO, Panasonic CSCU-YN55KJ, dan Daikin FTNE15MV14.

Langsung bahas ke bagian pertama, yaitu keamanan elektrikal. Pada GWC-05MOO, semua komponen di dalamnya dilindungi dengan aman dan rapi. Sedangkan CSCU-YN55KJ tidak ada pelindung untuk menjaga keamanan elektrikalnya. Bahkan pada FTNE15MV14, bukan hanya tanpa pelindung, tapi juga terpapar langsung dengan sumber panas dari kompresornya.

Kemudian untuk bagian kompresor, GWC-05MOO dan FTNE15MV14 memiliki lapisan soundproof sehingga bunyinya bisa diredam. Sedangkan kompresor pada CSCU-YN55KJ tidak dilapisi apapun sehingga bunyinya cukup bising saat dioperasikan. Lanjut ke bagian noise filter, fitur yang berperan meredam bunyi kompresor ini hanya dimiliki GWC-05MOO.



Sedangkan CSCU-YN55KJ maupun FTNE15MV14, keduanya tidak memiliki fitur ini. Oleh karena itu, suara bising yang ditimbulkan kompresor akan dibawa masuk melalui pipa refrigerant. Bagian terakhir unit outdoor yang dapat dijadikan bahan perbandingan yaitu lapisan pelindung kondensor.

Pada GWC-05MOO, kondensor-nya dilapisi gold fin sehingga AC ini terlindung dari korosi yang bisa menyebabkannya berkarat dan membantu proses pertukaran panas sehingga lebih awet. Untuk CSCU-YN55KJ, sama sekali tidak berpelindung. Sementara FTNE15MV14, dilapisi blue fin yang mampu melindunginya dari korosi dan karat. Tapi, tidak cukup efektif dalam memperpanjang usia pemakaian, terutama di lingkungan ekstrim.


Unit Indoor
Pada unit indoor, ada 5 bagian yang kan dibandingkan, yaitu lampu indikator, desain, kondisi kotak elektrikal, kualitas filter, dan pelindung pipa drainase. Pada GWC-05MOO, lampu indikatornya berupa LED display yang mengindikasikan temperatur, mode, dan kode error.


Berbeda dengan CSCU-YN55KJ dan FTNE15MV14 yang display-nya tanpa pelapis apapun, GWC-05MOO memiliki lapisan pelindung sehingga terhindar dari cipratan air maupun debu. Kemudian, GWC-05MOO memiliki desain sisir yang membuatnya sunyi dan daya jangkau cukup jauh. Sedangkan CSCU-YN55KJ dan FTNE15MV14 desainnya biasa sehingga bising.

Selanjutnya pada bagian kotak elektrikal, GWC-05MOO dilapisi plat logam sehingga awet. Sementara CSCU-YN55KJ dan FTNE15MV14, bagian kotak elektrikalnya tidak seluruhnya tertutup sehingga rentan terpapar kotoran, cipratan air, serangga, bahkan bahan penyusunnya dibuat dari bahan daur ulang.


Dua bagian lainnya adalah kualitas filter dan pelindung pipa drainase. Unit indoor GWC-05MOO menggunakan filter pelindung dari bahan premium dengan rongga yang rapat dan awet. Begitupula dengan pipa drainase-nya yang dilengkapi dengan pengait yang berfungsi sebagai kunci sehingga terhindar dari kebocoran.


Sedangkan CSCU-YN55KJ dan FTNE15MV14, keduanya memiliki filter yang sama-sama mudah robek karena dibuat dari bahan kualiatas rendah dan daur ulang. Kemudian, pangkal pipa drainase pada kedua AC ini juga tidak ada perlindungan sehingga bisa lepas kapan saja dan menimbulkan kebocoran.

Nah, setelah melihat perbandingan unit outdoor dan indoor dari ketiga AC Gree MOO Standard Series tersebut, Anda bisa menyimpulkan bukan, mana AC yang paling unggul dari segi kualitas ? Meski mengonsumsi lebih banyak daya listrik, posisi pertama dipegang oleh merek GREE, sedangkan yang kedua Daikin dan yang ketiga Panasonic. Anda tertarik pilih yang mana ?

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »