5 Tips Efektif Memilih Perumahan di Bogor

Bogor menawarkan cuaca lebih sejuk daripada kota besar di sekitarnya. Selain itu, harga propertinya pun relatif lebih murah sehingga sebagian masyarakat lebih memilih perumahan di Bogor daripada di Jakarta. Jika Anda sedang mencari rumah dijual di Bogor, maka Anda harus mempertimbangkan banyak hal sebelum memutuskan untuk memilih salah satunya untuk dibeli.

Walaupun perumahan yang akan Anda beli tidak berada di ibukota Jakarta, bukan berarti Anda tidak melakukan pertimbangan sebelum membelinya. Pasalnya, membeli rumah bukanlah segampang membeli barang-barang kecil. Tindakan tanpa menerapkan kehati-hatian tentu akan membawa Anda kepada penyesalan. So, apa saja tips efektif itu? Berikut ulasannya.

Perumahan

Tidak ‘Termakan’ Iklan
Iklan merupakan salah satu langkah efektif untuk mempromosikan suatu produk, termasuk developer. Entah itu melalui TV atau billboard besar di pinggir jalan yang memuat visualisasi berikut tulisan tentang kelebihan perumahan yang akan, tengah, atau sudah mereka kerjakan. Iklan ini bertujuan untuk membuat masyarakat tertarik membeli rumah yang mereka inginkan.

Anda jangan mudah terpengaruh dengan informasi seperti harga murah, atau kemudahan akses menuju tol. Jadilah konsumen yang kritis dengan mencoba mencari tahu faktanya. Cara paling efektif adalah dengan membuka aplikasi seperti Google Maps atau aplikasi navigasi berbasis Global Posititioning System (GPS), Waze, lalu ukur jalan lokasi perumahan tersebut dengan pintu tol terdekat. 

Mencari Fasilitas Penunjang
Anda harus mencari informasi mengenai sarana dan fasilitas penunjang seperti masjid, sekolah, rumah sakit/puskesmas, ATM, transportasi dan pusat perbelanjaan. Fasilitas-fasilitas tersebut merupakan selling point tersendiri bagi perumahan tersebut. Oleh karena itu, jika Anda ingin memilih rumah yang baik, maka Anda harus memperhatikan juga fasilitas penunjang yang ada di sekitar perumahan tersebut.

Pilih juga perumahan di Bogor yang dekat dengan stasiun kereta dan terminal. Akses transportasi menggunakan kereta listrik (Commuter Line) dan busway menjadi salah satu indikator pemicu ketertarikan masyarakat untuk membeli rumah di Bogor, terutama Anda yang memiliki aktivitas di kantor sehingga memerlukan keterjangkaun akses dari rumah ke tempat kerja.

Periksa Fasilitas Rumah
Periksa dengan teliti semua fasilitas penunjang di dalam rumah dijual di Bogor, seperti ketersediaan PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum), karena beberapa perumahan belum memiliki jalur induk air dari PDAM-PDAM di Bogor. Jika belum didukung oleh air PDAM tanyakan rencana dibangunnya jalur induk air dari PDAM. Mengingat pentingnya air bagi kehidupan sehari-hari, maka Anda harus benar-benr memastikan hal ini. 

Selain air, kebutuah listrik juga tak kalah penting. Perhatikan apakah daya tersebut mampu memenuhi kebutuhan listrik harian Anda karena tidak semua rumah memiliki fasilitas yang sama. Ada listrik yang 900 Watt saja sudah memenuhi kebutuhannya, namun ada pula yang mencapai 2200 Watt. Meski ketersediaan listrik memadai, Anda tetap harus berhemat dan mematikan elektronik saat sudah tidak digunakan lagi.

Waspada Banjir
Beberapa spot di Bogor cenderung menjadi langganan banjir saat musim hujan. Selain hujan, banjir disebabkan oleh drainase yang buruk karena sampah menumpuk. Perumahan di bantaran sungai pun ikut andil dalam memperkecil sungai dan daya tampungnya menurun drastis. Jadi, Anda harus mencari informasi tentang frekuensi datangnya banjir ini dengan bertanya pada developer atau masyarakat sekitar.

Kiriman air dari puncak kerap dijadikan kambing hitam, padahal asal mampu membuat ruang terbuka hijau, banjir pun dapat diindari. Pilih perumahan yang developer-nya care dengan kondisi jangka panjang perumahan yang dikembangkannya. Anda pun bisa memberi masukan tentang desain perumahan ke depannya agar bencana ini dapat dicegah.

Perhatikan Keamanan Lingkungan
Sebagai salah satu kota metropolitan, tingkat kriminalitas di Kota Bogor cenderung meningkat setiap harinya. Pencurian, penjambretan, dan juga kejahatan lainnya berkembang seiring amkin majunga suatu perumahan dan perkotaan. Kebutuhan akan keamanan menjadi sebuah keharusan agar Anda dapat meninggalkan keluarga di rumah dengan perasaan tenang tanpa rasa waswas.

Setiap perumahan biasanya memiliki sistem keamanan lingkungan di gerbang masuk dan keluar perumahan. Sistem pengamanan di dalam kompleks biasanya lebih tinggi karena adanya satuan pengamanan dari pihak developer. Jika rumah incaram Anda berada dalam sebuah cluster terbatas dengan pengamanan tersendiri, maka kemungkinan terjadinya kejahatan pun dapat diminimalisir.

Nah itu dia 5 tips membeli rumah dijual di Bogor. Jika ingin kredit, Anda bisa memanfaatkan KPR Syariah yang mampu memberi Anda banyak sekali keuntungan. Namun membeli dengan cara cash akan jauh lebih menguntungkan karena Anda dapat berkonsultasi seputar lokasi dan kondisi rumah yang akan Anda beli karena berubungan langsung dengan si penjual atau developer. Kesempatan bernegosiasi untuk mendapat potongan harga pun terbuka lebar mengingat jarangnya kesempatan dibayar langsung ini didapat oleh para developer.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »