Mencuci dan Merawat Jenis Sepatu Wanita


Sepatu adalah merupakan salah satu penunjang penampilan setiap wanita ataupun pria. Dengan berbagai jenis sepatu yang ada, maka kaum wanita mampu dengan leluasa memilih manakah yang paling cocok untuk menunjang penampilan dirinya. Namun, tidak semua sepatu dapat diperlakukan dengan cara yang sama, sebaliknya harus ada beberapa treatment khusus yang dilakukan guna untuk menjaga dan merawatnya agar tetap awet, salah satu treatment khusus yang berbeda itu adalah cara pencuciannya. Berikut cara mencuci sepatu menurut jenis bahan dasarnya.

Sepatu Dari Kulit Sintetis
Salah satu jenis sepatu yang paling banyak digemari oleh kaum wanita adalah jenis sepatu yang berbahan dasar kulit sintetis. Mencuci sepatu ini dari kulit sintetis, maka dapat terlebih dulu membersihkan debu yang menempel diberbagai bagian sepatu menggunakan lap. Setelah itu maka barulah siapkan ember yang sudah diisi dengan air dan sabun cuci piring. Dapat diganti sabun cuci piring menggunaka shampoo kulit apabila tidak memilikinya di rumah. Setelah mencampurkan, maka basahkan lap menggunakan campuran air yang sudah disiapkan tadi. Kemudian lap lagi bagian sepatu yang terkena noda atau kotorantadi  menggunakan lap yang telah dibasahi oleh air sabun kemudian lalu bilas air sabun yang menempel di bagian sepatu menggunakan lap yang lembab. Setelah itu barulah lap kembali sepatu menggunakan lap kering dan biarkan sepatu mongering dengan sendirinya. Jangan menjemur sepatu berkulit sintetis langsung di bawah sinar matahari karena dapat merusak warna kulit sepatu tersebut.

Sepatu Kanvas
Sepatu ini kanvas merupakan jenis sepatu yang cukup digemari oleh banyak kaum wanita. Sebelum mencuci, dapat memukul-mukul sepatu guna merontokkan kotoran kering yang menempel pada sepatu tadi. Jangan langsung mengelap menggunakan air karena akan membuat kotoran pada sepatu berubah menjadi lumpur dan memperburuk kondisi pada sepatu. Setelah bersih maka segeralah menyiapkan air sabun cuci piring atau shampoo kulit yang sudah dihangatkan terlebih dulu. Kemudian tuangkan sedikit air sabun yang hangat tadi dibagian sepatu yang kotor dan sikat menggunakan sikat gigi. Apabila kotoran sangat sulit dihilangkan maka coba untuk menggunakan pasta yang berasal dari campuran air maupun baking soda pada bagian sepatu yang kotor. Kemudian terus diamkan selama 10 menit menggunakan lap lembab dan bersihkan sisa-sisa yang mungkin saja masih menempel pada sepatu. Terakhir lalu keringkan bagian sepatu yang masih basah menggunakan hair dryer atau pengering.

Sepatu Velvet
Treatment yang harus dilakukan untuk mencuci sepatu velvet. Mencucinya gosoklah sepatu menggunakan sikat gigi guna menghilangkan debu yang menempel. Perhatikan secara khusus bagian sepatu yang kotor, maka dapat menggosoknya hingga beberapa kali sampai noda dan kotoran luruh dari sepatu. Apabila ada noda yang menempel cukup membandel, maka campurkan air dan sabun cuci piring dalam satu wadah lalu kemudian aduk hingga berbusa. Kemudian ambil busa air sabun tersebut menggunakan sikat gigi dan usapkan pada bagian sepatu yang terkena noda. Namun pastikan jika sepatu tidak terlalu basah. Setelah diusap maka gosoklah sepatu menggunakan busa dan lap sisa busa tersebut yang masih menempel pada sepatu menggunakan lap kering. Setelah itu lalu diamkan selama 20 menit. Apabila noda masih ada, maka dapat mengulangi cara pencucian dari awal.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »