Kenali Penyebab Kulit Kering


Kesehatan kulit adalah salah satunya kulit kering sepertinya seringkali dialami oleh banyak orang. Dari beberapa bagian kulit tubuh yang paling mudah kering adalah bagian lengan, tangan, dan juga kaki bagian bawah. Sayangnya, gejala kulit kering yang tidak diketahui penyebabnya ini  menjadikan banyak orang tidak menyadarinya. Bahwasannya gejala paling sering adalah rasa kencang atau pun rasa gatal yang tak disertai peradangan. Ini yang demikian terjadi karena kulit kering lebih cenderung terlihat tidak elastis. Pada saat tubuh bergerak maka permukaan kulit akan terlihat retak dan menimbulkan sensasi seperti rasa gatal-gatal. Berikut beberapa faktor penyebab kulit kering.

Cuaca dingin dan kelembaban udara rendah
Pada Umumnya hal ini demikian bukan masalah besar bagi negara tropis di Indonesia. Indonesia salah satunya adalah negara tropis dengan tingkat kelembaban yang tergolong tinggi. Seiring meningkatnya penggunaan pendingin udara dan resiko kulit kering akan semakin meningkat. Suhu AC yang terlalu dingin bisa menyebabkan lingkungan kurang lembab dan menjadikan kulit kering jika telalu sering ada di dalam ruangan ber AC.
 
Mandi menggunakan air terlalu panas
Ini menjadi penyebab utama dari kelembaban alami pada kulit mudah sekali hilang dan menjadikan kulit mudah kering. Untuk itulah pastikan temperatur air mandi tidak terlalu panas supaya kelembaban kulit juga lebih terjaga.
 
Mandi yang terlalu lama
Mandi yang terlalu lama ini bisa membuat semakin banyaknya air yang menguap dari tubuh. Kulit memang akan melakukan kontak langsung dengan air pada saat mandi. Tetapi setelah mandi, air yang ada di permukaan tubuh ini malah menguap dan sangat beresiko sekali untuk menjadikan kulit kering. Untuk bisa menjaga kelembaban kulit ini, silahkan batasi waktu mandi sekitar 5 hingga 10 menit saja.
 
Penggunaan sabun atau bahan anti septik yang berlebih
Dapat disebabkan kulit jadi kencang dan juga kesat. Karna rasa kesat seperti ini berarti kulit bersih, melainkan tanda bahwa lapisan minyak pada kulit menghilang dan kulit menjadi kering. Semakin sering terkena sabun maka akan semakin banyak pula lapisan minyak dikulit yang menghilang. Pada hal yang sama juga terjadi yang berlebihan dalam menggunakan bahan anti septik.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »