Jambu biji yang Kaya Manfaat


Buah-buahan jenis tumbuhan tropis yaitu jambu biji banyak dijumpai di Negara Indonesia. Pohonnya yang banyak tumbuh dipekarangan sekitar rumah dan tidak perlu menanamnya, kadang pohon tersebut tumbuh sendiri. Pohon jambu biji tumbuh dari biji yang sempat terbawa oleh hewan pemakan buah. Jambu biji ini pertama dibudidayakan di Negara Brasil lalu kemudian didatangkan ke Indonesia dan beberapa negara tropis di Asia Tenggara. Hingga saat ini, jambu biji semakin banyak ditemukan dengan berbagai jenis, misalnya jambu biji merah, jambu biji putih, jambu biji Bangkok, dan jambu biji lainnya. Selain tumbuh secara liar pohon jambu biji ini juga dibudidayakan oleh para petani, karna jambu biji mempunyai nilai jual yang tinggi.

Jambu biji mempunyai nama ilmiah yaitu Psidium Guajava. Pada kandungan buah jambu biji sangat banyak, mulai dari kandungan vitamin A, vitamin B dan vitamin C. Selain itu juga dalam jambu biji erdapat kandungan serat dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat buah jambu biji putih dan jambu biji merah hampir sama dan tidak ada bedanya. Karna kandungan yang terdapat kedua jenis jambu ini hampir sama. Hanya sedikit perbedaan dari zat warna merah pada jenis jambu biji merahnya. Ada satu yang menjadi keistimewaan dari jambu biji merah yaitu bisa digunakan untuk mengobati penyakit demam berdarah atau DBD. Kandungan zat warna merah pada jambu biji dapat meningkatkan kadar darah dan mengganti sel darah merah yang terkena virus demam berdarah atau DBD.
 
Vitamin C pada jambu biji banyak mengandung serat yaitu pectin yang merupakan serat mudah larut dalam air, biasanya digunakan untuk bahan pembuatan gel atau jely. Manfaat jambu biji serat jenis ini bagi tubuh adalah untuk menurunkan kadar kolesterol dengan cara mengikatnya secara bersamaan dengan asam empedu di dalam tubuh lalu kemudian mengeluarkannya. Ini pernah menjadi concern dalam penelitian yang dilakukan bernama Singh Medical Hospital and Research Centre di Negara India yang menyatakan bahwa Jambu biji sangat berperan dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah pada penderita hipertensi esensial. Jambu biji ini dapat meningkatkan kesehatan jantung untuk mengendalikan tekanan darah dan kolesterol. Serta kemampuan jambu biji untuk menurunkan tekanan darah yang disebabkan adanya kandungan kalium. Yang merupakan elektrolit yang penting untuk reaksi listrik nagi tubuh termasuk pada jantung. Bagi kalangan praktisi kesehatan hanya dengan mengonsumsi jambu biji saja sebanyak 0,5-1 kg per hari selama 4 minggu untuk resiko penyakit jantung bisa berkurang sampai 16%.
 
Jambu biji mengandung Likopen yang menurut beberapa studi epidemologis yang bisa melindungi tubuh dari efek mematikan sejumlah kanker seperti kanker tenggorokan, kanker rongga mulut,kanker usus besar dan daerah dubur, dan lainnya. Ada manfaat lain dari jambu biji ialah memperkuat daya tahan tubuh dari berbagai serangan penyakit, meningkatkan kesehatan pada gigi dan gusi serta membantu dalam penyembuhan luka. Maka dengan mengonsumsi jambu biji secara rutin dapat membantu melindungi tubuh dari serangan berbagai macam penyakit. Untuk manfaat jambu biji tak beda jauh dengan sarang semut. Yang diketahui dapat mengatasi berbagai jenis kanker serta tumor dari beberapa gangguan jantung yang pada umumnya seperti irama jantung abnormal dan menstabilkan tekanan darah.
 
Masalah jantung yang lebih spesifik seperti jantung bocor dan jantung koroner sangat direkomendasikan karena diketahui sangat bermanfaat untuk mengatasi gejala yang diakibatkan penyakit tersebut. Sama halnya seperti Jambu biji yang manfaat sarang semut dan tidak sebatas itu saja, karena bekerja dengan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh dan beragam penyakit lain juga dapat mengatasi dengan kedua herbal tersebut.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »